Monday, February 19, 2018

5 fakta seputar virtual reality (VR)

Hasil gambar untuk virtual reality
halo agan agan semua kembali lagi di blog SainNime.com sumber referensi sains dan anime paling terpercaya. mungkin anda pasti dudah pernah mendengar istilah virtual reality (VR). Istilah Virtual Reality atau VR mungkin sekarang ini sudah sering terdengar dan terasa ‘akrab’ bagi telinga Anda. Teknologi yang lahir dari pesatnya perkembangan produk digital ini memang telah menarik perhatian banyak orang belakangan ini. Kehadiran Virtual Reality di dunia teknologi merupakan salah satu inovasi baru agar orang yang menggunakannya bisa merasa masuk ke dunia lain yang dibuat oleh VR. Usut punya usut, sejak pertama kali hadir hingga sekarang, ternyata Virtual Reality memiliki berbagai fakta menarik yang penting sekaligus sayang untuk dilewatkan. Semoga hadirnya fakta-fakta tersebut bisa menambah informasi dan wawasan mengenai VR untuk Anda. Berikut SainNime menghadirkan lima fakta dari Virtual Reality yang patut Anda ketahui.
+1. Pelopor pertama Virtual Reality
Hasil gambar untuk morton heilig
pelopor petama dari VR sendiri diketahui bernama morton heilig. morton heilig atau Orang yang lebih dikenal sebagai bapak virtual ini telah mengembangkan sebuah alat virtual yang disebut dengan Sensorama, sebuah mesin yang bisa menimbulkan sensasi untuk berbagai indra ini akhirnya di patenkan pada tahun 1962. Alat ini dilengkapi dengan layar tiga dimensi, kipas angin, alat pencipta bau, dan kursi yang bergetar. Alat-alat tersebut nantinya akan membuat orang yang menggunakan Sensorama dan membuat orang yang memakainya serasa masuk ke dalam cerita dongeng.
+2. Perusahaan Game Pertama yang Merilis VR
Hasil gambar untuk sega
perusahaan pertama yang merilis vr pertama kali diyakini adalah SEGA. waktu itu mereka merilis SEGA VR-1. SEGA VR-1 sudah sangat maju untuk perkembangan teknologi virtual pada masanya. Alat tersebut sudah dilengkapi dengan sensor gerakan kepala dan 3D Polygon Graphic. Selain itu, SEGA VR-1 sudah menggunakan stereoscopic 3D untuk menampilkan visual yang ada. Namun versi ini tidak muncul untuk konsol game rumahan. selain itu SEGA VR-1 sendiri hanya tersedia untuk game bertipe arcade.
+3. Elemen Penting dari VR
Gambar terkait
bagi pengguna VR Untuk merasakan efek Virtual Reality, ternyata dibutuhkan empat elemen penting. Pertama adalah virtual world, di mana harus ada konten yang mewujudkan dunia virtual dalam bentuk screenplay. Selanjutnya adalah immersion, sensasi yang akan membawa pengguna VR merasakan ada di sebuah lingkungan nyata yang padahal fiktif. Kemudian, sensory feedback, untuk menyampaikan informasi dari dunia virtual ke indera penggunanya. Elemen ini mencakup penglihatan, pendengaran, dan sentuhan. Terakhir adalah Interactivity yang bertugas untuk merespon aksi dari pengguna, sehingga dapat berinteraksi langsung dalam virtual world.
+4. penjualan merk VR terbanyak
Hasil gambar untuk samsung gear vr
untuk penjualan VR terbanyak ditempati oleh samsung yang memiliki samsung gear VR. Samsung gear VR sendiri berhasil menempati posisi pertama untuk penjualan alat Virtual Reality. PlayStation VR berhasil melakukan penjualan produknya sebanyak satu juta unit. yang menempatkan Playstation VR di posisi kedua. Data berikut menunjukkan bahwa yang berada di posisi ketiga dan keempat untuk penjualan VR di dunia adalah HTC VIVE dan Oculus Rift yang masing-masing berhasil menjual 420.000 dan 243.000 unit alat untuk Virtual Reality.
+5. Virtual Reality ternyata adalah Karya Multi Disiplin
Hasil gambar untuk virtual world

menurut fakta yang beredar ternyata Virtual Reality membutuhkan berbagai disiplin ilmu untuk mewujudkannya. Butuh kolaborasi dari beberapa disiplin ilmu seperti seni, kreatif, dan juga bisnis. Hal ini disebabkan karena VR membutuhkan daya kreatif yang tinggi dan ide-ide luar biasa untuk bisa mengeksplor fungsi dari Virtual Reality. Sehingga, penggunaan Virtual Reality di masa depan dapat digunakan di hampir semua bidang teknologi.

demikianlah fakta-fakta seputar Virtual Reality yang SainNime rangkum. Semoga fakta tersebut bisa membuka wawasan dan mata Anda bahwa pengaruh teknologi di masa depan akan semakin kuat. Hal ini juga akan memicu kita untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai dunia digital dan teknologi agar terbiasa dengan perkembangan yang ada. sampai bertemu di blog SainNime.com berikutnya. selamat tinggal dan sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment

10 rekomendasi anime terbaik sepanjang massa ( wajib nonton! )

Konichiwa minna-san kembali lagi di SainNime.com sumber referensi anime dan sains paling terpercaya. Yap jika waktu itu SainNime pernah...