Monday, March 19, 2018

10 Fakta unik seputar dinosaurus yang wajib anda ketahui


Hasil gambar untuk fakta seputar dinosaurus
Halo agan-agan semua kembali lagi di SainNime.com sumber referensi sains dan anime paling terpercaya. Yap pasti agan semua sudah tahu apa itu dinosaurus bukan. Dinosaurus merupakan makhluk raksasa yang hidup sekitar ratusan juta tahun lalu. kita pasti juga, mengetahui bentuk-bentuk dinosaurus dari beragam film tentang dinosaurus. Selain itu mahluk yang telah punah itu dapat kita temukan melalui peninggalan fosil. Meski ada banyak yang masih tidak ketahui para ahli paleontologi tentang dinosaurus – tetapi, berdasarkan apa yang mereka sudah ketahui, tampaknya makhluk-makhluk ini akan menarik untuk dipelajari dan diamati. Nah oleh karena itu, kali ini SainNime sudah merangkum 10 fakta menarik seputar dinosaurus. Yang wajib anda ketahui. Simak list berikut ini:

+1. Dinosaurus darat terbesar yang pernah ada


Hasil gambar untuk brachiosaurus
Gelar dinosaurus terbesar diberikan kepada Brachiosaurus dengan berat 80 ton. Ini setara dengan berat 17 gajah Afrika. Brachiosaurus memiliki tinggi 16 meter dan panjang 26 meter. Ini merupakan kerangka terbesar dinosaurus yang dipasang di museum. Tapi untungnya dinosaurus ini sendiri merupakan dinosaurus pemakan tumbuhan atau disebut herbivora.

+2. Dinosaurus darat terkecil yang pernah ada
Hasil gambar untuk lesothosaurus
Fosil Dinosaurus dewasa terkecil adalah burung-berpinggul kecil pemakan tumbuhan yang disebut Lesothosaurus. Dinosaurus ini sendiri memiliki seukuran ayam. Contoh fosil yang lebih kecil pernah ditemukan, tapi itu adalah bayi dino lesothosaurus.

+3. Dinosaurus Laut Terbesar yang pernah ada
Hasil gambar untuk shastasaurus
Shastasaurus adalah spesies dinosaurus laut terbesar yang pernah ditemukan, Hewan ini bisa mencapai panjang 20 meter, jauh lebih panjang daripada kebanyakan predator laut lainnya. Tapi salah satu makhluk terbesar di lautan ini sebenarnya tak begitu mengerikan, karena makanannya adalah ikan-ikan yang berukuran kecil.

+4. Dinosaurus termuda yang pernah ada
Hasil gambar untuk Pachyrhinosaurus perotorum
Pachyrhinosaurus perotorum adalah dinosaurus termuda yang pernah ada di dunia pasalnya umur dari reptile ini sendiri belum melewati 110 tahun. Fosil P. perotorum yang termuda pernah ditemukan di Prince Creek Formation di Alaska pada 70-69 juta tahun lalu. Pachyrhinosaurus terbesar memiliki panjang tubuh 8 meter dan berat tubuh bisa mencapai empat ton. dinosaurus ini merupakan jenis pemakan tumbuhan (herbivora) dan memiliki gigi yang kuat untuk mengunyah tanaman berserat.

+5. Dinosaurus tertua yang pernah ada
Hasil gambar untuk Nyasasaurus parringtoni
Dinosaurus paling tua yang pernah ditemukan berusia 243 juta tahun dan ditemukan di dekat Danau Nyasa di Tanzania pada tahun 1930-an. Spesies itu dinamai Nyasasaurus parringtoni, gabungan dari nama danau tempat fosil ditemukan dan istilah untuk kadal. Nama itu juga untuk menghormati Rex Parrington, paleontolog dari University of Cambridge yang pertama kali menemukan fosil mahluk ini. Berat Nyasasaurus sendiri relatif ringan (sekitar 20-61 kilogram), bipedal, dengan kaki belakang lebih panjang. Hewan ini tinggal di bagian selatan  benua super, Pangaea.

+6. Dinosaurus darat terganas yang pernah ada
Gambar terkait
Giganotosaurus carolinii adalah sejenis dinosaurus. Dari segi bentuk tubuh, jenis ini amat mirip dengan Tyrannosaurus rex, tetapi ukurannya sekitar 2 atau 3 meter lebih besar daripada Tyrannosaurus rex. Giganotosaurus disebut-sebut sebagai saingan raja kadal Tyrannosaurus karena besar tubuh dan keganasannya.Panjang Giganotosaurus diperkirakan mencapai 14,5 m,namun beberapa paleontolog masih ragu karena beberapa versi menyebutkan dinosaurus Theropoda Saurischia ini tumbuh sampai 16 m.Tingginya sekitar 5 m dan beratnya sekitar 8 atau 9 ton. Giganotosaurus carolinii ditemukan tahun 1994 di Gurun Patagonia,Argentina oleh Ruben Daro Carolinii dan Rudolfo Coria.

+7. Dinosaurus laut terganas yang pernah ada
Hasil gambar untuk predator x
Predator X nama sementara untuk predator laut prasejarah, yang diperkirakan para ilmuwan termasuk familia Pliosaurus. Hewan ini diklaim oleh para peneliti sebagai “binatang yang paling mengerikan yang pernah berenang di lautan.” Makhluk ini panjangnya 15 m, dan berbobot 45 ton, dan memiliki gigi sepanjang 30 cm. Tengkorak predator ini digali pada pertengahan tahun 2008 di Svalbard, dekat Samudera Arktik, oleh tim Norwegia. Tengkorak ini diperkirakan termasuk spesies baru Pliosaurus.

+8. Dinosaurus Terpintar yang pernah ada
Hasil gambar untuk troodon
Dinosaurus berjenis Troodon merupakan dinosaurus terpintar. Hewan dengan panjang 2,4 meter dan tinggi 1 meter ini memiliki otak yang diperkirakan mirip mamalia. Dinosaurus ini juga memiliki penglihatan yang tajam dan lengan yang kuat sehingga bisa mencengkeram dengan sangat keras. Selain itu dinosaurus ini sendiri juga termasuk dinosaurus pemakan daging atau disebut theropoda.

+9. Dinosaurus terbodoh yang pernah ada
Hasil gambar untuk stegosaurus
Ada dino terpintar, maka ada juga dino terbodoh. Posisi ini diduduki Stegosaurus yang memiliki otak sebesar kacang walnut, panjang otaknya hanya 3 cm dengan berat 75 gram. Sedangkan untuk ukurannya dinosaurus ini memiliki panjang 9 meter dengan berat 1-2 ton.

+10. Dinosaurus tertinggi yang pernah ada
Gambar terkait

Dinosaurus tertinggi adalah kelompok Brachiosaurid dari sauropoda. Kaki depan yang lebih panjang dari kaki belakang memberi mereka sikap seperti jerapah. Hal ini dikombinasikan dengan leher yang sangat panjang, memampukan kelompok ini menelusuri pohon tertinggi. Brachiosaurus -dino paling tenar dari grup ini- memiliki tinggi sampai 13 meter. Jenis lainnya, Sauroposeidon, diperkirakan bisa tumbuh sampai 18,5 m.

Nah itulah 10 fakta menarik seputar dinosaurus makhluk prasejarah yang pernah mendiami bumi kita. Nah untungnya saja mereka sudah punah karena jika mereka masih hidup tentu akan berpengaruh terhadap kehidupan kita. Jika kalian punya rekomendasi fakta dinosaurus lagi atau rekomendasi spesies dinosaurus lagi, tolong comment di kolom komentar di bawah ya. Sampai bertemu di blog SainNime.com berikunya. Selamat tinggal dan sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment

10 rekomendasi anime terbaik sepanjang massa ( wajib nonton! )

Konichiwa minna-san kembali lagi di SainNime.com sumber referensi anime dan sains paling terpercaya. Yap jika waktu itu SainNime pernah...