Tuesday, March 20, 2018

5 Alasan kenapa sebagian besar anime tidak tayang di indonesia

Gambar terkait
konichiwa minna-san kembali lagi di SainNime.com sumber referensi anime dan sains paling terpercaya. Yap minna-san pasti jika ditanya dimana menonton atau streaming anime pasti hampir keseluruhan akan menjawab di situs streaming internet bukan, kalaupun ada yang nonton di tv, pasti Cuma anime mainstream seperti naruto atau doraemon. Nah kenapa sebagian besar anime tidak tayang di Indonesia. Padahal dulu dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang selalu dipenuhi anime. Nah oleh karena itu, kali ini SainNime.com sudah merangkum 5 alasan kenapa banyak anime yang tidak ditayangkan di Indonesia. Tanpa bacot lagi ikuzzo minna:

+1. Sanksi kpi
Hasil gambar untuk komisi penyiaran indonesia
banyak anime tidak ditayangkan di Indonesia karena belum terbebas sensor dari kpi. Ada yang alasanya berbahaya, tidak mendidik, mengandung kekerasan, pornografi, dan lain sebagainya. Sensor ketat juga menjadi alasan banyak anime dipotong-potong dan tidak utuh lagi serta sensor blur yang terlihat aneh dan menjengkelkan. Banyak anime yang dilarang tayang di Indonesia dan yang lebih menjengkelkannya lagi kebanyakan dari anime itu adalah anime popular contohnya Tokyo ghoul yang dilarang karena mengandung unsur kekerasan dan adegan berdarah. Contohnya saat peperangan ghoul anteiku dan pasukan anti ghoul ccg.


+2. Lisensi hak penyiaran yang mahal

Hasil gambar untuk overlord
Untuk dapat menayangkan anime-anime terbaru para pihak stasiun tv harus membeli atau membayar hak penyiaran pada studio anime di jepang. Namun yang perlu diketahui bahwa hak penyiaran anime tersebut tidaklah murah. Contohnya anime overlord. Pihak tv akan mempertimbangkan untuk menayangkan anime tersebut karena selain dana yang dikeluarkan tidak sedikit belum tentu juga anime-anime tersebut mendapat rating yang tinggi di Indonesia. Ditambah lagi dana untuk membayar para voice actor anime (seiyyu) yang bisa dibilang tidak sedikit.

+3. Rating yang rendah

Hasil gambar untuk rating
Harus diakui, rating anime di Indonesia tidak seperti dulu lagi sekarang anime kalah telak dibanding acara tv lain seperti sinetron (bagi orang yang bukan otaku). Kita ambil contoh anime mainstream seperti naruto yang sempat popular di Indonesia. Namun akhirnya tidak ditayangkan lagi di Indonesia karena rating yang semakin menurun. Pihak stasiun tv tentunya tetap ingin mendapatkan keuntungan dari penyiaran acara tv-nya.

+4. Selera kids jaman now
Hasil gambar untuk kids jaman now
Dengan melihat berbagai alasan tadi bisa diambil kesipmpulan bahwa anime benar-benar tidak akan ditayangkan lagi di Indonesia selain karena alasan tadi, alasan yang membuat anime tidak dimunculkan lagi di Indonesia. Adalah karena selera kids jaman now yang sukanya sama tayangan-tayangan yang beredar sekarang ini contohnya sinetron, reality show dan gosip artis. Para pihak stasiun tv tentunya mau tak mau harus mengikuti selera dan permintaan pasar. Tahulah anak-anak sekarang hobinya nonton sinetron percintaan daripada nonton upin-ipin.

+5. Para penggemar anime jaman now lebih suka anime-anime aneh
Hasil gambar untuk to love ru

Mungkin karena para penggemar anime didominasi para remaja yang beranjak dewasa mereka malah lebih menyukai anime bergenre (maaf kata) genre-genre seksual seperti: ecchi, fan service dan bahkan H..... (maaf terlalu haram). Yang secara jelas tak mungkin tayang di tv. Lebih ekstrimnya lagi banyak anak-anak yang menyukainya. Bukan tanpa sebab. Industri anime jepang pun sedang popular dengan anime bergenre tersebut. Jadi tidak mungkin anime tersebut ditayangkan di tv.

Yap itulah 5 alasan mengapa anime tidak ditayangkan di Indonesia. Melihat alasan-alasan tadi sepertinya ada alasan yang bisa diterima dan tidak bisa diterima. Apalagi alasan yang ke-5. Yah tapi SainNime sendiri tetap berharap agar anime populer bisa ditayangkan di Indonesia. Nah jika kalian punya rekomendasi alasan lagi silahkan comment di kolom komentar ya. Sampai bertemu di blog SainNime.com berikutnya selamat tinggal dan sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment

10 rekomendasi anime terbaik sepanjang massa ( wajib nonton! )

Konichiwa minna-san kembali lagi di SainNime.com sumber referensi anime dan sains paling terpercaya. Yap jika waktu itu SainNime pernah...